2020-12-26

Teknik Transplanting Bibit Kelapa Sawit

 


Transplanting di Polybag Besar Tata cara pelaksanaan transplanting dari polybag kecil ke polybag besar dilakukan sebagai berikut:

a) Untuk tempat pemindahan bibit polybag kecil dibuat beberapa kotak kayu, dan dapat menggunakan pisau silet/cutter untuk menyayat polybag kecil. Dibutuhkan kereta sorong atau trailer mini tractor untuk memindahkan kotak berisi bibit kecil dari pre- nursery.

b) Pastikan polybag besar sudah tersusun benar dengan posisi tegak dan telah diisi tanah.

c) Satu hari sebelum transplanting, siram tanah di polybag besar sampai jenuh air, guna memudahkan pembuatan lubang tanam pada keesokan harinya.

d) Buat lubang di tengah polybag dengan menggunakan alat pelubang yang sudah dipersiapkan. Kedalaman lubang dibuat ± 20 cm atau disesuaikan dengan tinggi tanah di polybag kecil.

e) Siram bibit di pre-nursery sebelum dipindahkan.

f) Angkat bibit pre-nursery hati-hati dan disusun ke atas masing-masing kotak kayu sebagai tempat pengangkutannya dan diangkut ke lokasi polybag besar.

g) Turunkan bibit dilokasi polybag besar dan letakkan hati-hati satu demi satu di samping masing-masing polybag besar.

h) Apabila menggunakan cutter, sayat polybag kecil secara vertikal di sepanjang sisinya, keluarkan bibit lengkap dengan tanahnya dari polybag kecil secara hati-hati, masukkan ke dalam lubang tanam di polybag besar. (Bila lubang terlalu dalam harus terlebih dahulu diisi tanah untuk disesuaikan kedalamannya, dan bila lubang terlalu dangkal harus terlebih dahulu didalamkan). Tekan sedikit untuk memadatkan tanah dan lakukan penambahan tanah sehingga permukaan tanah dari polybag kecil sama dengan permukaan tanah polybag besar atau ± 5 cm di bawah bibir polybag besar.

i) Lakukan penyiraman secukupnya segera sesudah transplanting. Norma Kerja: Tenaga kerja untuk pemindahan bibit ke polybag besar di pembibitan utama adalah: 130- 140 HK.

 

0 komentar:

Posting Komentar