2024-04-25

1.3.a.3. Mulai dari Diri - Modul 1.3


Refleksi 1

Untuk membantu Bapak/Ibu dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid, mari kita membuat “gambar” yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan”. Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Sertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. Konsentrasikan diri pada substansi pesan pribadi Bapak/Ibu bukan pada keindahan gambarnya.

Pada tugas ini, artikulasikanlah nilai-nilai, filosofi, harapan atas murid di sekolah yang Bapak/Ibu yakini dalam sebuah VISI. Pastikan kalimat-kalimat yang digunakan memiliki makna tersendiri bagi Bapak/Ibu secara pribadi sehingga ketika dibaca, kalimat itu akan menyemangati Bapak/Ibu sendiri, sekaligus menggerakkan hati tiap orang yang turut membacanya. Lewat kalimat itu, Bapak/Ibu harus menggambarkan seberapa berharga visi tersebut hingga patut diperjuangkan pencapaiannya.


Refleksi 2

Saya memimpikan murid-murid yang

Cerdas dan berahlak. Cerdas bagi mereka bukan sekadar menguasai pengetahuan sesuai dengan tuntutan zaman, tetapi juga mampu mengaplikasikan pengetahuan tersebut secara bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan berahlak bagi mereka tidak hanya berarti sesuai karakter profil pelajar pancasila Pancasila, tetapi juga menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai panduan dalam setiap tindakan dan sikap yang mereka tunjukkan.

Saya percaya murid adalah

Calon generasi masa depan, mereka bukan hanya sekadar individu yang hadir di ruang kelas, tetapi merupakan calon pemimpin dan inovator yang dipenuhi dengan potensi yang luar biasa. Setiap dari mereka memiliki bakat dan minat yang unik, dan tugas kita adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi tersebut secara optimal.

Di sekolah , saya mengutamakan

Prioritas tertinggi pada pendidikan karakter. Kami sadar bahwa karakter adalah inti dari perkembangan seorang murid, baik dalam hal prestasi akademis maupun dalam menjalani kehidupan di masa depan..

Murid di sekolah saya sangat sadar betul bahwa

Pendidikan sangat penting. Mereka menyadari dengan jelas bahwa pendidikan bukan hanya sekadar kewajiban atau rutinitas, tetapi merupakan kunci utama bagi pencapaian impian dan aspirasi hidup mereka. 

Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk

Terus menggali potensi setiap murid sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Kami percaya bahwa setiap anak memiliki bakat yang unik dan potensi yang menakjubkan yang perlu diidentifikasi, dikembangkan, dan diperkaya.

Saya dan guru lain di sekolah paham bahwa

Pendekatan pembelajaran haruslah selaras dengan kodrat alam dan tuntutan zaman agar dapat menggali potensi setiap murid sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Kami menyadari bahwa setiap individu memiliki kodrat alam dan potensi unik yang perlu ditemukan dan diperkembangkan. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, di mana setiap murid dapat mengeksplorasi minat dan bakat mereka dengan bebas.

 

Refleksi 3

Pada kesempatan ini, mari kita formulasikan VISI Bapak/Ibu sebagai pendidik. Jadikan kesempatan ini bermakna pribadi, bukan untuk sekedar memenuhi tagihan centang di LMS Bapak/Ibu. Gunakan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk kemudian di rumskan dalam sebuah VISI.

Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu

visi adalah sebuah panggilan jiwa, sebuah arah yang mengilhami dan memberi makna pada setiap langkah yang diambil. Bagi Bapak/Ibu, visi merupakan peta jalan yang memandu perjalanan hidup atau perjalanan organisasi menuju tujuan yang diimpikan.

Dalam setiap kata-kata visi, terkandung harapan, ambisi, dan tekad yang kuat untuk mencapai sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri. Visi menjadi sumber motivasi yang tak pernah surut, mengingatkan kita akan impian yang ingin direalisasikan, serta memberikan fokus dan kejelasan dalam setiap tindakan yang diambil.

Apa harapan, cita-cita Bapak/ibu untuk murid, rekan pendidik, konunitas sekolah, kehidupan bermasyarakat di daerah Bapak/Ibu dan bangsa-negara Indonesia?

Harapan dan cita-cita saya adalah melihat kolaborasi yang erat antara pendidik, komunitas sekolah, masyarakat, serta seluruh elemen bangsa-negara Indonesia dalam membentuk generasi penerus yang cerdas dan berahlak.

Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?

Yang selama ini menjadikan keyakinan bersama dan menyatukan sekolah adalah Visi dan Misi Sekolah

Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain?

Yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah saya dengan murid di sekolah lain adalah karakter yang kokoh yang tercermin dalam sikap dan tindakan mereka, sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Kami berharap murid-murid kami tidak hanya unggul dalam hal akademis, tetapi juga menjadi teladan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan integritas, kejujuran, dan sikap yang bertanggung jawab.

Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan disekolah kita dalam mewujudkan murid dengan profil pelajar pancasila?

Kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita adalah kunci dalam mewujudkan murid dengan profil pelajar Pancasila yang kokoh. Dukungan mereka tidak hanya terbatas pada kegiatan formal di sekolah, tetapi juga meliputi berbagai aspek kehidupan pendidikan dan sosial.

Mereka memberikan inspirasi dan bimbingan kepada murid-murid, menjadi teladan dalam perilaku dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam setiap interaksi, mereka menunjukkan integritas, kejujuran, dan rasa tanggung jawab yang tinggi, membimbing murid untuk mengembangkan karakter yang baik.

Visi Saya sebagai Guru penggerak :

Terwujudnya peserta didik yang cerdas dan berahlak sesuai dengan profil pelajar pancasila.

https://heyzine.com/flip-book/a003be8de4.html


Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar