2024-05-15

1.4.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.4

 


14 mei 2024 sudah mulai dengan modul 1.4 tentang budaya positif.

Forum Komunikasi Modul 1.4

Forum komunikasi ini disediakan sebagai sarana komunikasi antara fasilitator dan peserta selama mempelajari Modul 1.4 Budaya Positif.

Fasilitator dan peserta dapat menuliskan pertanyaan dan saling memberikan respon untuk membangun pemahaman.

Pada forum ini saya menayakan Apa tantangan terbesar yang dihadapi oleh sekolah dalam menciptakan dan mempertahankan budaya positif?

Jawaban di berikan oleh teman CGP lainnya yaitu ibu Niken tantangan terbesarnya menurut saya ketidak konsistenan dalam menerapkan budaya positif ini

 

1.4.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.4

Tujuan Pembelajaran khusus:

·       Mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah.

·       Mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara.

Untuk memulai pembelajaran di modul budaya positif ini, marilah melakukan pengamatan, dan berefleksi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan  berikut:

Apa pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan Anda?

Menciptakan suasana positif di sekolah memiliki dampak penting: Meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional siswa, guru, dan staf sekolah. Mendorong motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik. Memperkuat hubungan antarpersonal di antara anggota komunitas sekolah. Mencegah perilaku negatif seperti intimidasi atau konflik antar siswa. Mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa. Membentuk identitas sekolah yang kuat dan menginspirasi.

Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, bagaimana Anda dapat menciptakan suasana positif di lingkungan Anda selama ini?

Sebagai seorang pendidik atau pemimpin sekolah, langkah-langkah konkret untuk menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah adalah: Menetapkan Visi dan Nilai: Bersama staf dan anggota komunitas, tetapkan visi dan nilai yang menjadi landasan budaya sekolah. Modelkan Perilaku Positif: Jadilah contoh bagi siswa dan staf dengan menunjukkan perilaku seperti kesabaran, empati, kerja sama, dan rasa hormat. Komunikasi Terbuka dan Dukungan: Ciptakan saluran komunikasi terbuka dengan siswa, staf, orang tua, dan komunitas lainnya, dan berikan dukungan yang diperlukan. Membangun Keterlibatan Siswa: Aktifkan partisipasi siswa dalam pengambilan keputusan sekolah dan rencana kegiatan. Memberdayakan Staf: Dukung staf dengan pelatihan dan sumber daya yang diperlukan untuk berkembang secara profesional. Menyediakan Dukungan Emosional dan Sosial: Sediakan layanan dukungan emosional dan sosial bagi siswa dan staf. Menangani Konflik dengan Bijaksana: Hadapi konflik dengan cara yang mendidik dan berfokus pada solusi.

Apakah hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?

Menciptakan suasana positif di sekolah berdampak positif pada proses pembelajaran murid dengan meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, kesetaraan dalam pembelajaran, mengurangi gangguan dan stres, serta memungkinkan pengembangan keterampilan sosial dan emosional. Ini memungkinkan siswa untuk berkembang dan mencapai potensi penuh mereka dalam lingkungan yang mendukung dan kondusif.

Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu diperbaiki dan dikembangkan?

Penerapan disiplin masih kurang efektif, yang perlu di perbaiki dan di tingkatkan adalah

• Konsisten : Penting untuk memastikan konsistensi dalam menerapkan aturan dan konsekuensi di seluruh sekolah. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang dapat diprediksi dan adil bagi semua siswa.

• Edukasi dan Pembinaan: Memberikan pendidikan dan pembinaan kepada siswa tentang aturan sekolah dan konsekuensinya dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang ekspektasi dan tanggung jawab mereka.

• Evaluasi dan Pemantauan: Terus-menerus mengevaluasi efektivitas sistem disiplin dan memantau tren perilaku siswa dapat membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

Bapak dan Ibu calon guru penggerak,

Selanjutnya Anda dapat melakukan pengamatan dan refleksi terhadap bagaimana kita dapat menciptakan sebuah budaya positif, dengan melakukan serangkaian kegiatan di bawah ini:

·       Sediakan waktu khusus, pejamkan mata, dibantu musik instrumental yang sesuai, kemudian bayangkan sekolah impian Anda. Ingat kembali gambaran sekolah impian yang Anda tulis saat mempelajari modul 1.3. Bagaimana suasana sekolahnya? Bagaimana sikap gurunya? Bagaimana tutur kata guru? Bagaimana guru bersikap kepada murid-muridnya? Bagaimana sikap murid-muridnya, bagaimana mereka saling berinteraksi, terhadap Anda, sebagai pimpinan sekolah dan terhadap guru-guru yang lain?

·       Untuk mewujudkan sekolah impian tersebut, bila Anda adalah seorang pemimpin di sekolah Anda,  bagaimana Anda akan menciptakan sebuah lingkungan yang positif di sekolah Anda?  Apa strategi yang akan Anda pilih? Bagaimana Anda akan menerapkan disiplin positif, apa yang perlu kita lakukan terlebih dahulu? Tentunya, salah satu hal yang paling penting adalah kita perlu menghilangkan rasa takut dalam diri murid-murid sehingga mereka merasa aman dan nyaman berada di sekolah, dan bahwa membuat kesalahan adalah suatu proses pembelajaran itu sendiri. Hanya dengan demikian, semua murid dapat belajar dengan rasa tenang, tanpa tekanan dan nyaman.

jawaban

1.       Dalam suasana hening, saya memikirkan sekolah impian saya di mana kasih sayang dan semangat mengalir, menciptakan rasa damai dan inspirasi. Para guru tidak hanya pengajar, tetapi juga teladan dalam sikap dan perilaku, memberikan pelajaran dengan penuh kasih dan memberikan dukungan tak tergantikan kepada setiap siswa. Murid-murid penuh semangat, saling mendukung, dan berinteraksi dengan hormat, menghormati visi dan nilai-nilai sekolah. Di sekolah impian saya, terdapat keakraban di antara seluruh anggota komunitas, menciptakan suasana hangat, kerja sama, dan dukungan bagi setiap individu.

2.       Untuk menciptakan lingkungan yang positif di sekolah, saya akan menetapkan visi dan nilai bersama staf dan komunitas sekolah, memodelkan perilaku positif, memastikan komunikasi terbuka dan dukungan bagi semua anggota, membangun keterlibatan siswa dalam pengambilan keputusan, memberdayakan staf dengan dukungan dan pelatihan, menerapkan disiplin positif dengan fokus pada pembelajaran, dan menciptakan suasana aman dan nyama

 

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang memiliki pengaruh pada warga sekolah, terutama murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul ini, saya berharap dapat mengembangkan beberapa hal sebagai pemimpin pembelajaran yang berpengaruh:

• Kemampuan memimpin dengan inspirasi, memotivasi staf dan siswa mencapai potensi penuh mereka.

• Membangun hubungan yang kuat dengan staf, siswa, dan orang tua, menciptakan ikatan yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

• Menerapkan disiplin positif dengan bijaksana, menjadikannya sebagai alat pembelajaran dan pertumbuhan.

• Menjadi teladan dalam sikap dan perilaku, memperlihatkan nilai-nilai seperti kesabaran, empati, dan kerja sama.

• Menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif, di mana setiap siswa merasa diterima dan didukung.

• Menghadapi tantangan dengan bijaksana, memberikan contoh positif dalam menangani situasi sulit.

• Menumbuhkan rasa percaya diri dan kesuksesan siswa, memberikan dukungan dan pembimbingan yang diperlukan. Dengan mengembangkan hal-hal ini, saya berharap menjadi pemimpin pembelajaran yang efektif, menciptakan perubahan positif dalam kehidupan siswa.

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul ini, saya berharap melihat beberapa perkembangan pada murid-murid saya: Kesadaran akan Pentingnya Pendidikan Positif, Kemampuan Mengelola Konflik dengan Bijaksana, Peningkatan Keterampilan Sosial dan Emosional, Kepemimpinan yang Positif, Peningkatan Keterlibatan dan Partisipasi, Peningkatan Kesejahteraan Mental dan Emosional, Pengembangan Sikap yang Positif terhadap Pembelajaran

 

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Modul ini dirancang untuk menyertakan berbagai kegiatan pembelajaran interaktif, materi yang beragam dan relevan, penerapan prinsip-prinsip teori dalam praktik, dukungan dan umpan balik yang memadai, serta refleksi dan evaluasi. Tujuannya adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang komprehensif dan bermanfaat bagi peserta, sehingga mereka dapat menjadi pemimpin pendidikan yang lebih efektif dan berpengaruh.

0 komentar:

Posting Komentar