Kegiatan Ruang Kolaborasi ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 30 April 2024, melalaui gmeet.
Tujuan
Pembelajaran: CGP dapat menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan
sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan profil pelajar pancasila,
aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.
Selamat datang
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak pada sesi pembelajaran ketiga!
Mari kita
mengingat kembali visi yang telah dilukiskan dan dirumuskan mengenai murid
Bapak/Ibu di masa depan pada Pembelajaran 1. Untuk mencapai visi ini, tentu
Bapak/Ibu tidak dapat begitu saja turun menjadi tindakan-tindakan. Karena visi
sifatnya jangka panjang, maka Bapak/Ibu perlu memutuskan prakarsa-prakarsa yang
perlu dilakukan sebagai tujuan-tujuan antara.
Dalam
Pembelajaran 1 yang telah dilaksanakan, kita telah merumuskan visi mengenai
murid di masa depan. Visi tersebut bukanlah sekadar impian, tetapi merupakan
peta jalan yang akan membimbing langkah-langkah kita ke arah yang diinginkan.
Namun, kita sadar bahwa untuk mencapai visi tersebut, dibutuhkan upaya bersama
dan prakarsa yang tepat.
Setiap anggota
kelompok telah menyumbangkan visinya masing-masing, dan kini saatnya bagi kita
untuk menyatukan visi tersebut menjadi satu kesatuan yang kokoh. Proses
kolaboratif ini tidak hanya mempertimbangkan visi individu, tetapi juga
mengolahnya menjadi visi kolektif yang mewakili aspirasi semua anggota
kelompok.
Setelah visi
telah ditetapkan, langkah selanjutnya adalah merumuskan prakarsa-perubahan yang
akan menjadi tonggak-tonggak pencapaian menuju visi tersebut.
Prakarsa-perubahan ini haruslah terukur, spesifik, dan dapat diimplementasikan
secara bertahap. Diskusi dan dialog yang intens antar anggota kelompok akan
membantu kita dalam menentukan prakarsa-perubahan yang paling relevan dan
berdampak.
Dalam
menjalankan diskusi tersebut, pendekatan tatap muka virtual secara langsung
(sinkronus) dengan bimbingan dari fasilitator akan mempermudah komunikasi dan
koordinasi antar anggota kelompok. Melalui dialog yang terbuka, kita akan mampu
mencapai kesepakatan atas satu prakarsa perubahan yang diharapkan dapat
dirasakan dekat dengan hati semua anggota kelompok.
Kemudian, hasil
diskusi kita akan diramu menjadi satu visi, satu kalimat pernyataan prakarsa
perubahan, dan satu rencana BAGJA lengkap dari tahap ke tahap menggunakan
kanvas BAGJA. Rencana BAGJA ini akan menjadi panduan bagi kita dalam melangkah
menuju pencapaian visi pendidikan yang telah kita susun bersama.
Dalam melengkapi
rencana BAGJA, setiap tahapan akan memerlukan pertanyaan-pertanyaan yang
mendalam dan daftar tindakan/penyelidikan yang perlu dilakukan. Ini akan
membantu kita dalam memastikan bahwa setiap langkah yang diambil terencana
dengan baik dan didasarkan pada pemahaman yang komprehensif.
Dengan kolaborasi yang kuat dan komitmen yang tinggi, kita akan mampu menjadikan visi pendidikan kita menjadi kenyataan. Mari kita bersama-sama membangun masa depan pendidikan yang lebih baik untuk generasi mendatang.
0 komentar:
Posting Komentar