2024-06-13

2.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1



Durasi
:  3 JP

Moda : Penugasan Mandiri secara asinkron

Tujuan Pembelajaran KhususCGP dapat membuat Rencana pembelajaran yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di sesi pembelajaran Demonstrasi Kontekstual!

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

  1. Bagaimana saya dapat mendemonstrasikan apa yang telah saya pahami?
  2. Bagaimana pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu saya memecahkan permasalahan pembelajaran yang saya hadapi sehari-hari di kelas?

    Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di sesi pembelajaran ke -4!

    Ini adalah sesi dimana Anda akan mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi seorang pengambil risiko! 

    Kami berharap, 3 pembelajaran sebelumnya telah memberikan Anda banyak pengetahuan dan keterampilan yang kami yakin dapat membantu Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mulai melakukan perubahan. Inilah saatnya Anda mendemonstrasikan keterampilan yang telah Anda pelajari dalam konteks dan situasi pembelajaran yang nyata dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.

    Sebelum Anda melakukan tugas ini dan untuk membantu Anda mengingat apa yang telah Anda pelajari sebelumnya. Silakan lihat perbedaan antara aktivitas (kegiatan) pembelajaran yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik.

    Tabel 1. Aktivitas Pembelajaran yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik



    1. Buatlah rencana pembelajaran untuk salah satu mata pelajaran, atau sesi pembelajaran dalam konteks pembelajaran daring (online learning) atau luring (anda boleh memilih).
    2. Pastikan rencana pembelajaran tersebut:
      • Dibuat dengan menganalisis kebutuhan belajar murid terlebih dahulu.
      • Menggambarkan penerapan salah satu dari diferensiasi konten, proses atau produk sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan belajar murid.
      • Perhatikan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam membuat RPP tersebut.
    3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah RPP tersebut pada forum ini, dengan format judul/subjectRPP - Nama Anda
    4. Pilih salah satu RPP milik rekan Anda, kemudian berikan umpan balik terhadap RPP tersebut.
      Catatan: pilih RPP yang belum diberikan umpan balik oleh CGP lain. 
    5. Gunakan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam memberikan umpan balik terhadap RPP yang dibuat oleh rekan Anda tersebut.
    6. Berikan penilaian dan umpan balik Anda kepada rekan Anda tersebut.
    7. Unggah RPP yang telah dibuat di 2.1.a.6.1. Unggah Hasil Demonstrasi Kontekstual Modul 2.1 untuk mendapat umpan balik dan penilaian dari fasilitator.
    Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

    0 komentar:

    Posting Komentar