2024-03-27

Lokakarya Orientasi Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Kabupaten Kotawaringin Timur

 


Dalam rangka melanjutkan pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan Lokakarya Orientasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut dilaksanankan secara luring pada hari Rabu, (27/3/2024) yang dilaksanakan di Aula BPG Mini Jl. Jendral Sudirman Sampit dari pukul 07:30 s/d selesai yang dihadiri para CGP (Calon Guru Penggerak), Pengajar peraktek, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur untuk berperan aktif sebagai peserta dalam kegiatan Lokakarya Orientasi.

Sebanyak 34 orang calon guru penggerak dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawarngin Timur. mengikuti kegiatan lokakarya orientasi ini. Peran Guru Penggerak diantaranya :

(1) Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya,

(2) Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah,

(3) Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah,

(4) Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,

(5) Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Materi lokakarya PGP kali ini dengan agenda;

 


Agenda kegiatan meliputi :

1. Pembukaan Lokakarya dan Agenda dan Tujuan Lokakarya

2. Perkenalan diri

Peserta kegiatan di minta untuk menggambarkan sesuaitu baik itu berupa mahluk hidup atau pun benda mati. Selanjutnya di lanjutkan dengan game membuat kelompok dengan berkeliling di iringi lagu menambah keseruan permainan ini. Peserta yang tidak memiliki pasangan dalam kelompok yang di tentukan jumlahnya maka dia wajib memperkenalkan diri dan menyampaikan alasan dia menggambar sesuatu.

3. Kesepakatan Kelas

Peserta di berikan kertas stik note untuk menuliskan kesepakatan apa yang akan di buat selama kegiatan berlangsung, dan kertas tersebut di tempelkan pada media di dinding.

4. Harapan dan Kekhawatiran

Membuat harapan dan kekhawitiran selama kegiatan calaon guru penggrak di laksanakan. 2 hal tersebut di tulis pada kertas stik notes yang di berikan pengajar praktik dan selanjutnya akan di tempel pada media di dinding ruangan. Pengajar praktek mengelompokan hal-hal atau maksud yang sama. Akhirnya di minta satu persatu calon guru penggerak membacakan dan menjelaskan alasanya.

5. Pengantar Program PGP & Perjalanan Calon Guru Penggerak

Pemaparan materi ini di sampaikan oleh pengajar praktek secara bergantian. Di lanjutkan dengan mengisi lembar kerja 1 kesepakatan peran CGP dan kepala sekolah (melakukan diskusi langsung antara CPG dengan kepala sekolah. Lembar kerja 2 kompetensi guru penggerak

6. Posisi Diri

Mengisi lembar kerja 3 yang berisi evaluasi diri guru penggerak.

7. Rencana Pengembangan Kompetensi Diri

Mengisi lembar 4 rencana pengembangan kompatensi diri

8. Pengenalan Portofolio digital

Calon guru penggerak di minta untuk membuat portofolio kegiatan dari awal mengikuti kegiatan guru penggerak sampai berakhirnya kegiatan itu. Isi portofolio bisa berupa dokumentasi, video atau artikel yang sudah di susun rapi oleh calon guru penggerak. Portofolio ini di buat menggunakan google sites.

9. Refleksi peserta

Untuk refleksi kami di minta menjawab pertanyaan berupa

  • Apa saja yang di pelajari selama kegiatan lokakarya orientasi ?
  • Manfaat apa yang di dapat selama kegiatan berlangsung?

 

Semoga tujuan lokakarya CGP dapat tercapai dengan baik. Tujuan lokakarya ke 0 CGP diantaranya; Tujuan Lokakarya Orientasi:

  • CGP mengenal ekosistem belajar di program guru penggerak
  • Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan)
  • CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak
  • CGP dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi
  • CGP memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi

Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar