2024-03-19

Modul 1.1.a.3 Mulai Dari Diri dan 1.1.a.4. Eksplorasi Konsep (Calon Guru Penggerak Angkatan 10)


Selasa, 19 Maret 2024 pukul 15.00-16.30 WIB di LMS 1.1.a.4.1 Forum Diskusi Virtual : CGP didampingi PP dan dibersamai Fasilitator (upayakan akses melalui LMS sehingga terekam jejak digital di LMS untuk proses belajar PGP)

Rabu, 20 Maret 2024 pukul 15.00-17.15 WIB di LMS 1.1.a.5 Ruang Kolaborasi Modul 1.1 Diskusi akan dibersamai Fasilitator Dalam Meeting Virtual G-Meet.

CAPAIAN YANG DIHARAPKAN OLEH CGP MODUL 1.1

Capaian Umum Modul 1

Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah:

  1. CGP mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki HadjarDewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi pemikiran-pemikiran tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  2. CGP mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
  3. CGP mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.

Capaian Khusus Modul 1.1

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

  1. Berpikir reflektif dan kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.
  2. mendemonstrasikan pemahaman terhadap pemikiran filosofis Ki HadjarDewantara dan relevansinya terhadap konteks Pendidikan Indonesia saat ini dengan membandingkan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka.
  3. Membuat perubahan konkret penerapan pemikiran filosofis pendidikan KHD

Ringkasan Alur Belajar MERRDEKA

Tugas 1

Silahkan jawablah pertanyaan panduan berikut sebagai refleksi diri terhadap perjalanan Pendidikan Indonesia sebelum Kemerdekaan dan membandingkannya dengan kondisi pendidikan saat ini pada konteks sekolah Anda.

  1. Apa bagian yang paling menarik bagi saya? Mengapa?
  2. Apa tujuan pendidikan yang dapat dilihat dari video ini pada zaman Kolonial?
  3. Apa persamaan dan perbedaan antara proses pembelajaran pada zaman Kolonial dengan proses pembelajaran saat ini?

Jawaban

1. Menciptakan Taman Siswa, Ki Hadjar Dewantara mengusung gagasan agar semua individu di Indonesia dapat mengakses pendidikan dengan bebas dan merdeka.

2. Pendidikan pada zaman tersebut hanya diarahkan untuk melahirkan calon pegawai yang dapat memperkuat struktur administratif dan mendukung usaha dagang kolonial.

3. Persamaannya terletak pada kenyataan bahwa keduanya dilaksanakan di lembaga pendidikan formal seperti sekolah, serta terdapat pada penerapan budi pekerti.

Tugas 2

Audio atau Video adalah penjelasan pemikiran reflektif kritis Anda dalam memaknai dan menghayati pemikiran KHD setelah menyimak video dan membaca 3 tulisan KHD (terlampir). Dalam audio/video ini, yang paling utama adalah sampaikan pemaknaan dan penghayatan Anda terhadap pemikiran KHD sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan aspek keindahan dari video tersebut. Berikan komentar dan umpan balik kepada audio/video yang diunggah oleh rekan Anda.

Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat digunakan dalam menjalankan tugas di atas.

1.     Apa intisari pemikiran KHD tentang pendidikan? 

2.    Bagaimana Anda memandang diri Anda sebagai pembelajar (guru) dan pemelajar (murid) jika dikaitkan dengan pemikiran KHD?



Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar