Selasa, 19 Maret
2024 pukul 15.00-16.30 WIB di LMS 1.1.a.4.1 Forum Diskusi Virtual : CGP
didampingi PP dan dibersamai Fasilitator (upayakan akses melalui LMS sehingga
terekam jejak digital di LMS untuk proses belajar PGP)
Rabu, 20 Maret
2024 pukul 15.00-17.15 WIB di LMS 1.1.a.5 Ruang Kolaborasi Modul 1.1 Diskusi
akan dibersamai Fasilitator Dalam Meeting Virtual G-Meet.
CAPAIAN YANG
DIHARAPKAN OLEH CGP MODUL 1.1
Capaian Umum
Modul 1
Secara umum,
profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah:
- CGP mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki HadjarDewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi pemikiran-pemikiran tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
- CGP mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
- CGP mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.
Capaian Khusus
Modul 1.1
Secara khusus,
modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:
- Berpikir reflektif dan kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.
- mendemonstrasikan pemahaman terhadap pemikiran filosofis Ki HadjarDewantara dan relevansinya terhadap konteks Pendidikan Indonesia saat ini dengan membandingkan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka.
- Membuat perubahan konkret penerapan pemikiran filosofis pendidikan KHD
Ringkasan Alur
Belajar MERRDEKA
Tugas 1
Silahkan
jawablah pertanyaan panduan berikut sebagai refleksi diri terhadap perjalanan
Pendidikan Indonesia sebelum Kemerdekaan dan membandingkannya dengan kondisi
pendidikan saat ini pada konteks sekolah Anda.
- Apa bagian yang paling menarik bagi saya? Mengapa?
- Apa tujuan pendidikan yang dapat dilihat dari video ini pada zaman Kolonial?
- Apa persamaan dan perbedaan antara proses pembelajaran pada zaman Kolonial dengan proses pembelajaran saat ini?
Jawaban
1. Menciptakan Taman Siswa, Ki Hadjar Dewantara mengusung gagasan
agar semua individu di Indonesia dapat mengakses pendidikan dengan bebas dan
merdeka.
2. Pendidikan pada zaman tersebut hanya diarahkan untuk melahirkan
calon pegawai yang dapat memperkuat struktur administratif dan mendukung usaha
dagang kolonial.
3. Persamaannya terletak pada kenyataan bahwa keduanya dilaksanakan
di lembaga pendidikan formal seperti sekolah, serta terdapat pada penerapan
budi pekerti.
Tugas 2
Audio atau Video
adalah penjelasan pemikiran reflektif kritis Anda dalam memaknai dan menghayati
pemikiran KHD setelah menyimak video dan membaca 3 tulisan KHD (terlampir).
Dalam audio/video ini, yang paling utama adalah sampaikan pemaknaan dan
penghayatan Anda terhadap pemikiran KHD sehingga Anda tidak perlu khawatir
dengan aspek keindahan dari video tersebut. Berikan komentar dan umpan balik
kepada audio/video yang diunggah oleh rekan Anda.
Berikut ini
panduan pertanyaan yang dapat digunakan dalam menjalankan tugas di atas.
1. Apa intisari pemikiran KHD
tentang pendidikan?
2. Bagaimana Anda memandang diri
Anda sebagai pembelajar (guru) dan pemelajar (murid) jika dikaitkan dengan
pemikiran KHD?
0 komentar:
Posting Komentar