2024-03-26

1.1.a.7. Elaborasi Pemahaman (Calon Guru Penggerak Angkatan 10)


Dalam pembelajaran ini, kita akan mengelaborasi pemahaman kita mengenai Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara. Namun sebelum melakukan elaborasi pemahaman bersama instruktur, Anda diminta untuk menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas ini. 

Diharapkan Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak dapat mendorong rasa keingintahuannya dalam bentuk pertanyaan mendalam untuk dibahas bersama Instruktur. Jadi, bukan soal seberapa banyak pertanyaan yang disampaikan, namun seberapa pentingkah pertanyaan tersebut bagi Bapak/Ibu dalam menguatkan pemahaman pada Modul 1.1 ini. 

Pertanyaan yang saya buat adalah berikut ini :

Tentu, berikut beberapa pertanyaan yang bisa diajukan untuk menggali lebih dalam pemahaman tentang Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara, dalam modul 1.1 CPG:

  • Bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai integrasi antara pendidikan formal dan pendidikan informal dalam mencapai tujuan pendidikan nasional?
  • Apakah ada perbedaan signifikan antara konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dengan konsep pendidikan yang dianut oleh para pendidik lain di masanya?
  • Bagaimana Ki Hadjar Dewantara melihat peran teknologi dalam pendidikan? Apakah ada pandangan kritisnya terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran?
  • Dalam konteks konflik dan perbedaan sosial-politik pada masanya, bagaimana Ki Hadjar Dewantara mempromosikan pendidikan sebagai alat untuk memperkuat persatuan dan solidaritas nasional?
  • Apakah ada dampak dari pandangan Ki Hadjar Dewantara terhadap pendidikan terhadap kebijakan pendidikan nasional yang diterapkan di Indonesia pada masa kini?
  • Bagaimana pendekatan Ki Hadjar Dewantara terhadap inklusi pendidikan, terutama dalam konteks pendidikan anak-anak dari kelompok marginal atau kurang mampu?
  • Bagaimana pandangan Ki Hadjar Dewantara terhadap peran keluarga dalam pendidikan, dan bagaimana pandangan tersebut dapat diaplikasikan dalam konteks masyarakat modern yang mengalami perubahan sosial yang cepat?

Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar