2024-04-25

Pendampingan Individu 1 CPG 10

 


Suatu tantangan baru untuk mengikuti seleksi sebagai Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Ke-10 Tahun 2024. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke lokasi sekolah Calon Guru Penggerak (CGP). Kegiatan tersebut dinamakan Pendampingan Individu (PI). Pendampingan Individu dilakukan dengan  Calon Guru Penggerak di sekolah masing-masing. Sekitar 1 jam mendampingi CGP disekolah banyak hal yang didiskusikan, yang di laksanakan pada hari Jumat tanggal 26 April 2024 di SMK Negeri 4 Sampit.

PI Ke-1 ini, Pengajar Praktik melakukan pendampingan dengan berpegang pada tema "Refleksi awal kompetensi guru penggerak". Dalam Pendampingan Individu ke-1 ini mempunyai fokus pendampingan antara lain :

  1.  Diskusi tantangan belajar daring
  2. Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  3. Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  4. Diskusi peta posisi diri dan rencana

Pendampingan Individu antara Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak berdiskusi dan saling bertukar informasi secara mendalam terkait refleksi awal kompetensi guru penggerak. disini Calon Guru Penggerak memberikan tanggapan tentang apa yang didapatkan didalam pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan Fasilitator yang mendampingi. Pengajar Praktik bertugas menggali informasi dan membantu Calon Guru Penggerak dalam memahami isi dari refleksi serta materi yang terdapat dalam modul yang dipelajari oleh Calon Guru Penggerak.pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak

Persiapan Pendampingan Individu :

  1. Lakukan koordinasi dengan penyelenggara Program Pendidikan Guru Penggerak terkait dengan jadwal pendampingan.
  2. acalah profil Calon Guru Penggerak yang akan anda dampingi sebelum pertemuan, serta isilah jurnal pendampingan yang terdapat pada LMS di setiap modulnya agar dapat mengetahui perkembangan belajar Calon Guru Penggerak yang didampingi.
  3. Tulislah tujuan dan topik pendampingan di setiap pertemuan pada Catatan Pendampingan
  4. Komunikasikanlah tujuan pendampingan kepada Calon Guru Penggerak sebelum memulai kegiatan pendampingan.
  5. Pelajari fokus pendampingan bulanan dan materi-materi yang berkaitan dalam modul Calon Guru Penggerak.
  6. Dalam pendampingan, Pendamping/Pengajar Praktik berperan untuk mengapresiasi pencapaian dan upaya implementasi yang sudah dilakukan Calon Guru Penggerak, memotivasi, mendiskusikan bersama solusi untuk tantangan dan kendala yang dihadapi, serta membantu Calon Guru Penggerak menemukan pembelajaran-pembelajaran dalam setiap prosesnya. Upayakan agar proses diskusi berjalan dalam suasana nyaman secara dua-arah sehingga Calon Guru Penggerak dapat mengeluarkan refleksinya dengan lebih leluasa.
  7. Jika fokus pendampingan berkaitan dengan penugasan pada fase pendidikandaring, sempatkan diri untuk mempelajari hasil yang dikumpulkan oleh setiap Calon Guru Penggerak pada portal belajar (learning management system) PGP atau bagian Jurnal Komunikasi dengan fasilitator;
  8. Baca kembali catatan-catatan pada Jurnal Pendampingan (coaching log) untuk mengetahui pembahasan pada pertemuan sebelumnya.

Setelah proses Pendampingan Individu ke-1 selsai maka akan dilakukan refleksi bersama antara CGP dan PP, Refleksi yang dilakukan adalah berkaitan tentang apa yang didapat oleh CGP dalam proses PI 1 tersebut; Hal apa saja yang perlu diperbaiki dalam PI selanjutnya; Kebutuhan apa yang diinginkan oleh CGP, serta hal baik yang sudah dialami jika perlu dipertahankandan dikembangkanpun perlu untuk diutarakan.


 


Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar