Bapak/Ibu Calon
Guru Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata.
Fase ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Bapak/Ibu ditantang
untuk melakukan refleksi menggunakan Model 4P yang sudah dipaparkan dalam
Eksplorasi Konsep. Pada kesempatan Koneksi Antar Materi ini, Bapak/Ibu diajak
untuk menelaah kembali rangkaian pembelajaran mulai dari Modul 1.1 hingga akhir
Modul 1.2 ini.
Refleksi Model 4P dapat dibuat dalam bentuk
tulisan-naratif/poster/peta pikiran/powerpoint/video/audio sederhana.
Setelah saya
menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal
yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):
1. Peristiwa: Momen yang paling
penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran
Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah...
2. Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2
yang saya fahami adalah...
3. Perasaan: Saat momen itu
terjadi saya merasa seperti bagaikan...
4. Pembelajaran: Sebelum momen
tersebut terjadi saya berpikir bahwa...sekarang saya berpikir bahwa...
5. Penerapan ke depan (Rencana):
Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan
sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya
sebagai Guru Penggerak?
Anda juga dapat
memberikan komentar/apresiasi terhadap hasil kerja CGP lain di bagian ini.
Pastikan Anda mengumpulkan tugas Anda terlebih dahulu sebelum memberikan
tanggapan kepada hasil CGP lain.
Jawaban
Refleksi Model
4P: Memperkuat Perjalanan Pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2
1. Momen yang paling mencerahkan
bagi saya dalam proses pembelajaran dari Modul 1.1 hingga 1.2 adalah ketika
saya menelaah lebih dalam filosofi pendidikan nasional yang diusung oleh Ki
Hadjar Dewantara. Dalam modul ini, saya disajikan dengan konsep-konsep yang
mendasar, seperti "Taman Siswa" dan "Kemandirian Belajar",
yang membuka wawasan saya tentang esensi pendidikan yang sejati.
2. Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2
yang saya pahami adalah Dalam Modul 1.1, saya menggali akar pemikiran Ki Hadjar
Dewantara yang kemudian mengantar saya pada pemahaman yang lebih mendalam
tentang peran guru sebagai penggerak dalam Modul 1.2. Saya menyadari bahwa
filosofi pendidikan nasional menjadi landasan penting bagi peran guru sebagai
agen perubahan dalam mewujudkan sistem pendidikan yang lebih baik.
3. Saat momen itu terjadi, saya
merasa seperti sedang menemukan sebuah pengetahuan yang langka dan berharga.
Seperti menemukan kunci untuk memahami esensi sejati dari profesi sebagai
seorang guru.
4. Sebelum momen tersebut terjadi,
saya berpikir bahwa menjadi seorang guru hanya sebatas memberikan pengetahuan
kepada siswa. Namun, kini saya menyadari bahwa menjadi seorang guru adalah
lebih dari sekadar mengajar, melainkan juga membentuk karakter, memberikan
inspirasi, dan membimbing siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka.
5. Sebagai pengembangan diri, saya
berencana untuk meluangkan waktu setiap minggu untuk refleksi diri,
mengevaluasi praktik pengajaran saya, dan memperbaiki kelemahan serta
memperkuat kelebihan dalam melaksanakan peran saya sebagai Guru Penggerak.
Selain itu, saya juga berkomitmen untuk terus mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan saya melalui teknologi dengan mengapgrade aplikasi pembelajaran
yang sudah saya buat menjadi lebih baik, memerikan pelatihan kepada rekan
sejawat di bidang IT yang berkaitan dengan media ajar serta berpartisipasi
dalam pelatihan atau seminar yang dapat meningkatkan kemampuan saya sebagai
seorang pendidik.
0 komentar:
Posting Komentar