2024-04-08

1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

 

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata. Fase ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Bapak/Ibu ditantang untuk melakukan refleksi menggunakan Model 4P yang sudah dipaparkan dalam Eksplorasi Konsep. Pada kesempatan Koneksi Antar Materi ini, Bapak/Ibu diajak untuk menelaah kembali rangkaian pembelajaran mulai dari Modul 1.1 hingga akhir Modul 1.2 ini.

Refleksi Model 4P dapat dibuat dalam bentuk tulisan-naratif/poster/peta pikiran/powerpoint/video/audio sederhana.

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

1.  Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah...

2.      Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah...

3.      Perasaan: Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan...

4.      Pembelajaran: Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa...sekarang saya berpikir bahwa...

5.    Penerapan ke depan (Rencana): Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?

Anda juga dapat memberikan komentar/apresiasi terhadap hasil kerja CGP lain di bagian ini. Pastikan Anda mengumpulkan tugas Anda terlebih dahulu sebelum memberikan tanggapan kepada hasil CGP lain.

Jawaban

Refleksi Model 4P: Memperkuat Perjalanan Pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2

1.  Momen yang paling mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran dari Modul 1.1 hingga 1.2 adalah ketika saya menelaah lebih dalam filosofi pendidikan nasional yang diusung oleh Ki Hadjar Dewantara. Dalam modul ini, saya disajikan dengan konsep-konsep yang mendasar, seperti "Taman Siswa" dan "Kemandirian Belajar", yang membuka wawasan saya tentang esensi pendidikan yang sejati.

2.  Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya pahami adalah Dalam Modul 1.1, saya menggali akar pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang kemudian mengantar saya pada pemahaman yang lebih mendalam tentang peran guru sebagai penggerak dalam Modul 1.2. Saya menyadari bahwa filosofi pendidikan nasional menjadi landasan penting bagi peran guru sebagai agen perubahan dalam mewujudkan sistem pendidikan yang lebih baik.

3.   Saat momen itu terjadi, saya merasa seperti sedang menemukan sebuah pengetahuan yang langka dan berharga. Seperti menemukan kunci untuk memahami esensi sejati dari profesi sebagai seorang guru.

4.    Sebelum momen tersebut terjadi, saya berpikir bahwa menjadi seorang guru hanya sebatas memberikan pengetahuan kepada siswa. Namun, kini saya menyadari bahwa menjadi seorang guru adalah lebih dari sekadar mengajar, melainkan juga membentuk karakter, memberikan inspirasi, dan membimbing siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka.

5.     Sebagai pengembangan diri, saya berencana untuk meluangkan waktu setiap minggu untuk refleksi diri, mengevaluasi praktik pengajaran saya, dan memperbaiki kelemahan serta memperkuat kelebihan dalam melaksanakan peran saya sebagai Guru Penggerak. Selain itu, saya juga berkomitmen untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan saya melalui teknologi dengan mengapgrade aplikasi pembelajaran yang sudah saya buat menjadi lebih baik, memerikan pelatihan kepada rekan sejawat di bidang IT yang berkaitan dengan media ajar serta berpartisipasi dalam pelatihan atau seminar yang dapat meningkatkan kemampuan saya sebagai seorang pendidik.

Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar