2024-04-04

1.2.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.2 - Diskusi Mandiri (CPG 10)

 


Pada hari Kamis, jam 12:00, para peserta CPG Angkatan 10 berkumpul melalui platform Gmeet untuk melakukan pertemuan rutin. Kali ini, kegiatan tersebut berfokus pada diskusi mengenai nilai-nilai dan peran guru penggerak dalam konteks pendidikan, serta merancang sebuah kegiatan kolaboratif yang sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh masing-masing anggota kelompok.

Para CPG dibagi secara acak menjadi kelompok-kelompok kecil, dan saya berada dalam kelompok 2 bersama empat rekan CPG lainnya dan seorang PP. Diskusi kami dimulai dengan memahami nilai-nilai guru penggerak yang terdiri dari berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif. Setelah itu, kami menjelajahi peran guru penggerak, seperti menjadi pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid (student agency), dan menggerakkan komunitas praktis.

Melalui diskusi yang intens, kami mencoba mengidentifikasi nilai dan peran guru penggerak yang dominan pada diri masing-masing. Salah satu rekan memiliki dominasi dalam nilai reflektif, sementara yang lain lebih menonjol dalam peran menjadi coach bagi guru lain.

Setelah memahami kekuatan masing-masing anggota kelompok, kami memutuskan untuk merancang sebuah kegiatan kolaboratif yang dapat menggabungkan nilai-nilai yang kami miliki. Kami sepakat untuk mengadakan "Gebyar Bulan Bahasa" dengan pementasan drama legenda lokal berjudul "Batu Menangis".

Dalam diskusi kami, kami menetapkan tujuan kegiatan, alur atau strategi kegiatan, serta kesimpulan yang diharapkan dari hasil kegiatan ini. Tujuan utama kami adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa, meningkatkan pemahaman mereka tentang warisan budaya lokal, serta memupuk nilai-nilai kerja sama dan inovasi.

Hasil diskusi dan perencanaan bisa tuangkan dalam bentuk karya poster/peta pikiran/powerpoint/video  yang menampilkan gambaran secara visual tentang acara Gebyar Bulan Bahasa, termasuk tujuan, alur kegiatan, dan kesimpulan yang diharapkan. Kami juga menyepakati untuk membuat presentasi PowerPoint yang akan kami tampilkan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan ini memberikan refleksi positif tentang pentingnya komunikasi yang baik, kolaborasi, dan saling menghargai dalam membangun sebuah proyek bersama. Kami semua merasa termotivasi dan siap untuk melanjutkan perjalanan kami menuju perbaikan pendidikan dengan semangat yang sama.






 

Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar