2024-04-07

1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2 (CPG 10) ---- Peta Pemikiran


 


Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak

Tanpa terasa, Bapak/Ibu telah memasuki sesi pembelajaran Pembelajaran 4 Demonstrasi Kontekstual!

Sebagaimana judul unitnya, maka setelah merefleksikan pembelajaran sebelumnya, kini Bapak/Ibu diminta untuk berbagi dengan menyajikannya dalam bentuk sebuah karya.

Tugas: Membuat gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan

Bayangkan diri Bapak/Ibu sudah lulus program ini dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Pada saat itu, tentunya Bapak/Ibu sudah memiliki kepercayaan diri dan telah membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak. Buatlah kisah narasi tertulis/presentasi PowerPoint/poster/peta pikiran/video/audio sederhana yang dapat menggambarkan kira-kira apa saja aktivitas Bapak/Ibu sebagai Guru Penggerak baik dalam keseharian, atau yang terprogram rutin berkesinambungan, maupun yang sifatnya ad-hoc (khusus). Buatlah sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif) yang Bapak/Ibu telah dihidupi selama 3 tahun tersebut.

Jawaban

Saya akan menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan nilai-nilai penting yang melekat pada peran sebagao Guru Penggerak. Dalam kesehariannya, saya terlibat dalam beragam aktivitas yang mencerminkan sifat-sifat seorang Guru Penggerak yang berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif.

Berpihak pada Murid

Sebagai seorang Guru Penggerak yang berpihak pada murid, Saya akan selalu mengutamakan kepentingan dan perkembangan siswa di atas segalanya. Setiap kegiatan yang dijalankan selalu didasarkan pada kebutuhan dan minat siswa. Dengan cara saya sering mengadakan sesi konseling individu dengan siswa untuk mendengarkan aspirasi mereka dan memberikan dukungan serta bimbingan sesuai dengan potensi masing-masing.

Mandiri

Dalam upaya mewujudkan nilai mandiri, saya akan memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan potensi dan kepemimpinan mereka sendiri. Saya sering memberikan proyek-proyek mandiri untuk mata pelajaran saya kepada siswa di luar jam pelajaran untuk merancang dan melaksanakan inisiatif mereka sendiri. Hal ini membantu siswa untuk belajar bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan menjadi pribadi yang mandiri.

Reflektif

Sebagai seorang Guru Penggerak yang reflektif, Saya secara rutin melakukan evaluasi diri terhadap metode pengajaran dan interaksi dengan siswa. Setiap akhir semester, Saya menyelenggarakan sesi refleksi bersama dengan rekan guru untuk mengevaluasi keberhasilan program-program yang telah dilakukan serta mencari cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa mendatang.

Kolaboratif

Dalam semangat kolaborasi, Saya akan selalu aktif bekerja sama dengan rekan guru, orang tua siswa, serta pihak sekolah lainnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung. Saya akan sering mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa untuk membahas perkembangan anak-anak secara bersama-sama dan merumuskan strategi pendukung agar setiap siswa dapat berkembang secara optimal.

Inovatif

Sebagai seorang Guru Penggerak yang inovatif, Saya akan selalu mencari cara baru dan kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran agar lebih menarik dan relevan bagi siswa. Saya sering menggunakan teknologi terbaru dalam pembelajaran seperti aplikasi pembelajaran online atau simulasi virtual untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.

Dengan menjalankan aktivitas-aktivitas tersebut secara konsisten selama 3 tahun sebagai Guru Penggerak, Saya akan berhasil mewujudkan nilai-nilai penting yang melekat pada peran tersebut. Keberhasilan ini tidak hanya tercermin dari perkembangan akademis siswa tetapi juga dari kemampuan mereka dalam beradaptasi, berkolaborasi, serta memiliki sikap inovatif dalam menghadapi tantangan di era modern ini.

0 komentar:

Posting Komentar