2024-09-19

PEMBATIK LEVEL 3 2024

Alhamdulillah, akhirnya lulus Level 2 PembaTIK dan siap melangkah ke tantangan berikutnya, yaitu Level 3 PembaTIK 2024 – Kreasi. Di level ini, saya bersama rekan-rekan guru lainnya akan diajak untuk menciptakan bahan ajar berbasis teknologi yang sejalan dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Tujuan utamanya adalah membuat pembelajaran lebih menarik dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Lebih dari itu, filosofi pembelajaran Ki Hajar Dewantara yang berpusat pada siswa menjadi landasan utama dalam setiap proses yang dilakukan.

Apa yang Akan Dipelajari di Level 3?

Di Level 3, saya akan dilatih untuk menguasai beberapa keterampilan penting yang mendukung pengembangan media pembelajaran berbasis TIK. Beberapa kemampuan yang akan saya pelajari antara lain:

  1. Menguasai Tools Pengembang Pembelajaran
    Saya akan mempelajari cara menggunakan berbagai aplikasi dan alat untuk membuat konten pembelajaran berbasis teknologi.

  2. Desain Komunikasi Visual
    Kemampuan dasar dalam desain visual juga akan dikuasai agar media pembelajaran yang saya buat lebih menarik dan efektif.

  3. Proses Sistematis dalam Pengembangan Media
    Setiap tahapan dalam pembuatan media pembelajaran dilakukan dengan pendekatan yang sistematis, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

  4. Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif
    Saya akan belajar menghasilkan media pembelajaran berbasis TIK yang interaktif, seperti video, multimedia, hingga gim edukasi.

  5. Rekayasa Media Sesuai Kebutuhan
    Media yang saya buat akan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan situasi pembelajaran, sehingga lebih relevan dan bermanfaat.

  6. Pengembangan Media Kolaboratif
    Kolaborasi menjadi kunci sukses di level ini, baik dengan sesama guru maupun siswa. Kerjasama ini akan menghasilkan media yang lebih kreatif dan bermanfaat.

  7. Penerapan Prinsip-Prinsip Pembelajaran
    Setiap media yang saya buat akan berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang baik, sehingga mampu mendukung proses belajar dengan efektif.

  8. Menghasilkan Bahan Ajar Berbasis TIK
    Pada akhirnya, tugas saya adalah menghasilkan media pembelajaran yang bermanfaat untuk mendukung Kurikulum Merdeka.

Tugas Akhir di Level 3

Tantangan utama di Level 3 adalah membuat media pembelajaran berbasis TIK. Ada beberapa pilihan yang bisa dikembangkan, seperti Audio Pembelajaran, Video Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), atau Gim Edukasi. Media yang saya kembangkan nantinya akan diunggah sebagai Bukti Karya di Platform Merdeka Mengajar (PMM), dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi guru lainnya dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Dengan menyelesaikan seluruh rangkaian ini, saya akan semakin siap meningkatkan kompetensi di bidang TIK secara kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Ini adalah langkah nyata untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan tentunya berpusat pada kebutuhan siswa.

Mari terus berinovasi dan membawa perubahan positif di dunia pendidikan!

Lokasi: Sampit, Mentawa Baru Hulu, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar