Fokus utama dari pendampingan kali ini meliputi beberapa poin penting, yaitu:
- Persiapan Panen Hasil BelajarDalam sesi ini, kami mendiskusikan berbagai capaian pembelajaran yang telah saya raih selama mengikuti program Guru Penggerak. Kami merencanakan evaluasi hasil pembelajaran, baik dari sisi metode pengajaran maupun pengaruhnya terhadap proses belajar siswa di kelas. Persiapan panen hasil belajar ini juga melibatkan refleksi tentang inovasi yang telah diterapkan selama program berlangsung.
- Pengumpulan Survei Umpan Balik (Feedback 360)Salah satu fokus penting dalam PI 6 ini adalah pengumpulan survei umpan balik dari berbagai pihak yang berinteraksi dengan saya, seperti kepala sekolah, rekan guru, siswa, serta diri saya sendiri. Survei ini bertujuan untuk mengukur kompetensi saya sebagai Calon Guru Penggerak dengan menggunakan metode feedback 360. Hasil dari survei ini akan dijadikan bahan refleksi untuk melihat kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan.
- Refleksi Perubahan dalam Pembelajaran Selama 6 BulanSelama 6 bulan terakhir, saya telah menerapkan berbagai perubahan dalam proses pembelajaran di kelas, termasuk penggunaan metode yang lebih berpusat pada siswa dan pendekatan yang lebih kontekstual. Dalam sesi ini, saya bersama Bapak Mathius Karenge mendiskusikan dampak dari perubahan tersebut, baik terhadap diri saya sebagai guru maupun kepada siswa yang terlibat dalam pembelajaran. Refleksi ini membantu saya dalam memahami lebih dalam pengaruh pendekatan baru yang saya terapkan.
- Penilaian Pemetaan AsetKami juga melakukan penilaian terhadap pemetaan aset yang telah saya lakukan di sekolah. Diskusi ini melibatkan evaluasi sejauh mana tujuan program pengembangan kompetensi sudah dikomunikasikan dengan baik kepada warga sekolah, termasuk guru, siswa, dan pihak terkait lainnya. Kami juga membahas langkah-langkah selanjutnya dalam memastikan pemanfaatan aset sekolah secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Pendampingan Individu Ke-6 ini memberikan ruang bagi saya untuk melihat kembali perjalanan pengembangan diri, serta dampak yang telah tercipta di lingkungan sekolah. Bapak Mathius Karenge juga memberikan masukan yang sangat berarti terkait strategi peningkatan pembelajaran dan komunikasi program kepada warga sekolah. Refleksi yang dilakukan dalam PI ini menjadi momentum untuk terus memperbaiki dan mengembangkan diri sebagai seorang Guru Penggerak yang lebih profesional dan berdampak pada pendidikan.
Kegiatan pendampingan ini menegaskan pentingnya refleksi dan umpan balik dalam proses pengembangan diri, serta bagaimana inovasi yang telah dilakukan bisa memberikan dampak nyata pada siswa dan lingkungan pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar