Pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024, telah dilaksanakan Lokakarya 6 dengan tema “Berkelanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah”. Lokakarya ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para Calon Guru Penggerak mengenai pentingnya merancang pengembangan sekolah yang berdampak langsung pada murid. Rancangan ini disesuaikan dengan kondisi dan sumber daya sekolah yang ada, serta diiringi dengan rencana penguatan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran. Kompetensi ini diharapkan mendukung proses pengembangan sekolah secara berkelanjutan.
Kegiatan lokakarya berjalan sesuai dengan agenda pembelajaran yang telah disusun, mencakup berbagai strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diterapkan di kelas belajar. Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana mengelola program-program yang dapat mendukung perkembangan sekolah, baik dalam hal manajemen maupun proses pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan peserta didik.
Beberapa poin utama yang disampaikan dalam Lokakarya 6 ini meliputi:
- Penyusunan Rancangan Program Pengembangan SekolahPeserta dilatih untuk menyusun rancangan program yang mampu mengoptimalkan sumber daya yang tersedia di sekolah. Program ini diharapkan mampu menciptakan perubahan nyata yang mendukung kemajuan sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa.
- Manajemen RisikoLokakarya ini juga membahas pentingnya manajemen risiko dalam pelaksanaan program pengembangan sekolah. Para peserta diajak untuk mengidentifikasi potensi tantangan yang mungkin muncul serta merancang solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam proses implementasi.
- Monitoring dan EvaluasiSalah satu keterampilan penting yang ditekankan adalah bagaimana melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program-program yang telah dijalankan. Peserta diajarkan untuk memastikan bahwa setiap langkah yang diambil dalam pengelolaan sekolah memiliki dampak positif yang terukur dan berkelanjutan. Monitoring ini juga membantu dalam melakukan penyesuaian program agar tetap relevan dengan kebutuhan sekolah dan murid.
Melalui lokakarya ini, peserta diajak untuk lebih memahami bagaimana manajemen sekolah yang tertata dengan baik dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan efektif. Proses pembelajaran yang berfokus pada peserta didik juga ditekankan sebagai salah satu kunci utama dalam mewujudkan sekolah yang bermutu.
Kegiatan Lokakarya 6 berjalan dengan lancar dan efektif. Para peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi dan aktif berdiskusi dalam menyusun rencana pengembangan sekolah masing-masing. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para Calon Guru Penggerak mampu merancang dan mengelola program-program yang berkelanjutan, serta siap menjadi pemimpin pembelajaran yang inovatif di sekolahnya.
Lokakarya ini memberikan bekal penting bagi para peserta untuk terus mengembangkan kompetensi diri mereka dan berkontribusi pada pengembangan sekolah, sehingga sekolah dapat terus bergerak maju menuju visi pendidikan yang lebih baik.
0 komentar:
Posting Komentar