2021-11-10

KULIAH UMUM PEMBATIK LEVEL 4 HARI 1


Pusdatin mengadakan kegiatan Kuliah Umum PembaTIK Level 4: Berbagi dengan Tema “Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan PembaTIK Level 4, yang merupakan rangkaian akhir dari Kegiatan PembaTIK 2021. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya untuk membekali guru-guru calon Duta Rumah Belajar dan masyarakat secara luas terkait wawasan yang berkaitan dengan kemampuan mereka untuk berbagi skill yang mereka miliki melalui tulisan, video, sosial media, video conference, serta membentuk guru-guru untuk memiliki public speaking skill.

Pelaksanaan 🗓️ Rabu 10 November 2021 ⏰ Pukul : 15.00 WIB - Selesai

Kegiatan hari 1 Kuliah Umum PembaTIK level 4  di isi oleh

1.       1. Dr. M. Hasan Chabibie, M.Si  (Kepala Pusdatin Kemendikbudristek)

2.       2. Ir. Suharti, M.A., Ph.D. (Sekertaris Jendral Kemendikbudristek)

3.       3. Dr. Rully Nasrullah, M.Si (Pakar Media Sosial)

4.       4. Dr. Drs. Rachmadi Widdihartono, M.A (Direktur Guru Pendidikan Dasar)

 

Gambar 1, dok pribadi. Pemaparan Dr. M. Hasan Chabibie , M.Si. 

Dr. M. Hasan Chabibie , M.Si. 

Beliau berbicara tentang partisipasi PembaTIK dari tahun ke tahun. Apa itu PembaTIK ? Kepanjangan dari pembelajaran berbasis TIK merupakan program peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi guru UNESCO. Standrt kompetensi TIK terdiri dari 4 level yaitu Literasi, Implementasi, Kreasi dan Berbagi.

Keuntungan mengikuti PembaTIK adalah

·       * Meningkatkan kompetensi literasi TIK

·       * Meningkatkan kompetensi literasi implementasi TIK

·       * Meningkatkan kompetensi kreasi TIK

·       * Meningkatkan kompetensi berbagi dan berkolaborasi

·       * Berkesempatan menjadi duta rumah belajar.

Pada PembaTIK level 4 berbagi dan berkolaborasi guru-guru yang hadir adalah guru terbaik yang terpilih dari 80.000 lebih guru yang mengikuti seleksi diawal proses. Akan terpilih 30/40 terbaik menjadi Duta Rumah Belajar. Pembekalan yang di berikan bersifat kebijakan  dan kompetensi guru yang akan di berikan nantinya untuk semakin lebih baik lagi. Di dampingi para pakar di bidang komunikasi publik dan media sosial.

Kedepannya teknologi menjadi bagian tidak akan bisa terpisahkan dari dunia pendidikan dengan adanya motivasi dan arahan sehingga SRB dari seluruh Indonesia semakin mantap, semakin yakin, semakin optimis, memiliki fasion untuk mefaatkan TIK ini dalam proses belajar mengajar.

 

Gambar 2, dok pribadi. Pemaparan Ir. Suharti, M.A., Ph.D.

Ir. Suharti, M.A., Ph.D.

Pandemi masih ada dari tahun kemarin, tiba-tiba harus belajar jarak jauh dan banyak terjadi kemunduran dalam pelajaran. Terbukti dengan hasil kajian yang menurun dengan prestasi siswa dalam bidang pelajaran (hasil belajar). Hal ini menjadi dasar untuk berkomitmen, membantu dan sama-sama memastikan pembelajaran di sekolah di Indonesian berjalan lebih baik lain. Melalui kegiatan ini SRB seluruh Indonesia bisa berkontribusi lebih banyak lagi. Ini tempat belajar kita berbagi dan berkolaborasi dalam platfrom Rumah Belajar.

Salah satu mitra utama dari Kemendikbudristek adalah guru dan SRB seluruh Indonesia dalam mensosialisasikan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Guru merupakan pahlawan bagi siswa yang memberikan sesuatu yang lebih dan memberikan perubahan bagi siswa. Tidak semua guru handal dalam TIK dengan adanya di PembaTIK level 4 ini diharapkan guru terus berkontribusi untuk pendidikan dan komitmen meningkatkan kemampuan dalam mendidik anak-anak Indonesia. Apa yang di peroleh dari sekolah bisa menjadi nilai tambah untuk kehidupan mereka nantinya. Semoga SRB di level 4 ini semakin menginspirasi bagi guru lainnya.

 

Gambar 3, dok pribadi. Pemaparan Dr. Rully Nasrullah M.Si

Dr. Rully Nasrullah M.Si

Media sosial merupakan salah satu media baru yang digunakan untuk berinteraksi diantara pengguna. Hampir sebagian besar kita menggunakan HP untuk berinteraksi. Komunikasi menjadi berbeda karena dengan media sosial kita bisa memanfaatkan aplikasi, menyebarkan publikasi, materi pembelajaran, menanamkan keterampilan dan kita bisa mendapatkan serta menyebarkan konten.

Dalam bermedia sosial yang perlu di perhatikan adalah algoritma IG

·       * Jam publikasi

·       * Struktur akun

·       * Karakter hari publikasi

·       * Wawasan

·       * Tagar (hastag)

·       * Ukuran dan rasio

·       * Variasi mention

·       * Lakukan IG walking

Konten media sosial tidak sekedar penyebaran opini, gagasan, pendapat, atau pandangan penggunan, melainkan aspek visual yang sangat mempengaruhi. Visual konten menentukan cara berkomunikasi di media sosial. Memanfaatkan aspek visual konten media sosial dengan aplikasi perangkat lunak software PPT.

Berbagai jenia aplikasi untuk produksi video pembelajaran seperti canva, filmora, quik, powerdirektor, video sribe dan power point. Dengan adanya murid-murid atau siswa-siswa yang lebih pintar dalam TIK, inilah tantangan kita sebagai guru di era melenia ini untuk terus mengasah diri dan menambah kemampuan agar kita juga bisa menjadi guru yang luar biasa.

Gambar 3, dok pribadi. Pemaparan Dr. Drs. Rachmadi Widdihartono, M.A

Dr. Drs. Rachmadi Widdihartono, M.A

Peran Duta Rumah Belajar dalam transformasi pembelajaran digital. Pembelajaran era Rev.I 4.0 meliputi

·       * Pembelajaran yagdirahkan oleh siswa sendiri

·       * Pembelajaran dengan multi sumber belajar

·       * Pembelajaran sepanjang hayat

·       * Pembelajaran berbasis TIK

·       * Pembelajaran yang adaptif

·       * Pembelajaran yang dapat membangun cara pandang

Profil pendidikan masa depan :

·       * Pendidikan yang merdeka dan memerdekakan

·       * Pendidikan yang tidak intelektualitas dan materialitas

·       * Pendidikan dengan multi sumber

·       * Pendidikan sepanjang hayat

·       * Pendidikan berbasis TIK

·       * Pendidikan yang adaptif

·       * Pendidikan yang membangun cara pandang

Indikator kecakapan literasi digital

·       * Memproduksi dan mengomunikasikan informasi

·       * Mengontruksi pengetahuan

·       * Menyaring dan mengelola informasi

·       * Menciptakan kesadaran tentang nilai-nilai trandisional

·       * Membaca dan memahami materi yang tidak berurutan dan dinamis

·       * Meciptakan kesadaran dalam membangun jejaring

·       * Berpikir kritis dalam mengambil informasi

0 komentar:

Posting Komentar