2020-07-23

Pemangkasan Tanaman Perkebunan (Bagian 2)

Mengecek Persiapan Peralatan

A. Jenis dan Fungsi Alat Pemangkasan 

Alat yang akan dipergunakan dalam pemangkasan tanaman sangat berpengaruh terhadap hasil pemangkasan. Menggunakan alat yang berkualitas sangat dianjurkan didalam pemangkasan tanaman. Ada beberapa persyaratan alat yang dipergunakan didalam pemangkasan tanaman diantaranya: alat harus tajam; sesuai dengan jenis pemangkasan; tidak terbuat dari bahan yang berbahaya; bahan harus steril; dan tidak  beracun. Mempergunakan alat dalam setiap pemangkasan dapat berbeda-beda tergantung dari jenis pemangkasan yang dilakukan, secara garis besar jenis dan fungsi alat pemangkasan tersaji di bawah ini.



Jenis dan fungsi alat pemangkasan

1. Gunting pangkas




Untuk memotong tunas, daun dan cabang-cabang yang ukurannya kecil serta untuk memotong percabangan yang jauh dari jangkauan. Gunting pangkas dapat digunakan untuk memangkas pada tanaman kakao dan kopi







2. Gunting pangkas bergalah




Untuk memotong tunas, daun dan cabang-cabang pada tanaman yang tinggi










3. Gergaji


Untuk memotong cabang atau batang besar,  untuk memotong cabang yang jauh digunakan gergaji yang mempunyai pegangan yang panjang, sedangkan untuk memotong cabang yang dekat dapat digunakan gergaji yang pendek. gergaji dapat digunakan untuk memangkas pada tanaman kakao dan kopi





4. Kampak




Untuk memotong cabang atau batang besar








5. Dodos



Untuk memangkas tanaman kelapa sawit yang rendah dan memanen tanaman kelapa sawit sampai umur 7 tahun












6. Egrek


Untuk memangkas pelepah kelapa sawit yang tinggi dan memanen buah kelapa sawit dari pohon muda sampai yang sudah tua







7. Parang


Untuk memotong cabang atau batang yang besar









Dalam pemangkasan bentuk, peralatan yang dipergunakan sangat bervariasi karena pemangkasan bentuk sudah dimulai sejak tanaman mulai dipindahkan ke lahan penanaman, sehingga penggunaan alat pemangkasan pada saat tanaman masih kecil menggunakan  peralatan yang ringan  seperti gunting pangkas atau pisau pangkas, sedangkan pada saat tanaman mulai tumbuh besar maka pemangkasan dilakukan dengan peralatan yang lebih berat seperti gergaji pangkas, egrek, dodos dan parang atau kampak. 

Untuk melakukan pemangkasan pemeliharaan dipergunakan alat: gunting pangkas, gergaji pangkas dan parang. Alat-alat tersebut sangat efektif dipergunakan untuk melakukan pemangkasan pemeliharaan dalam kategori pemangkasan berat.

Peralatan yang dipergunakan dalam pemangkasan peremajaan adalah: gergaji potong, kampak, parang dan cainshow , karena umumnya pemangkasan peremajaan dilakukan pada bagian batang utama tanaman,  maka peralatan yang perlukan adalah peralatan berat agar memudahkan pada saat melakukan pemangkasan, dan hasilnya batang yang dipangkas tidak rusak, sehingga akan dapat mudah tumbuh tunas-tunas baru kembali.

B. Pengecekan Kesiapan Alat 

Untuk memperlancar dalam melakukan pemangkasan hendaknya digunakan alatalat pemangkasan yang sesuai dengan cabang/batang yang akan dipangkas. Alatalat pangkas tersebut harus dalam keadaan tidak rusak, tajam dan bersih. Peralatan pemangkasan yang sudah disiapkan dan akan digunakan perlu dicek terlebih dahulu apakah alat tersebut dalam keadaan tidak rusak, tajam, sesuai spesifikasi dan bersih? Untuk memudahkan dalam pengecekan alat, dibawah ini diuraikan beberapa spesifikasi alat pemangkasan, yaitu: 
  • Gunting pangkas Pisau gunting terbuat dari bahan besi baja atau besi stainless. Gunting pangkas mempunyai beberapa type yang dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. 
  • Gergaji terbuat dari bahan besi baja, bergagang dari bahan kayu. Untuk memotong cabang yang jauh digunakan gergaji yang mempunyai pegangan yang panjang, sedangkan untuk memotong cabang yang dekat dapat digunakan gergaji yang pendek. 
  • Dodos terbuat dari bahan besi baja, bergagang dengan berbagai ukuran yaitu 3″, 4″, 5″ dan 6″. 
  • Egrek  terbuat dari bahan besi baja, sangat tajam dan tidak mudah tumpul. Tahan lama dan tidak perlu sering di asah. 
  • Kampak, mata kampak terbuat dari besi baja dan gagangnya terbuat dari kayu
  • Parang, mata parang terbuat dari besi baja dan gagangnya terbuat dari kayu.
Lokasi: Unnamed Road, Wonosari, Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah 74355, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar